Penghargaan Yashin (Yashin Award)

Nama penghargaan ini diambil dari nama seorang penjaga gawang Rusia yang legendaris yakni Lev Yashin. Untuk diketahui, Lev Yashin merupakan kiper berkebangsaan Uni Soviet dan selalu menggunakan seragam hitam-hitam dalam setiap pertandingannya. Yashin bermain 22 musim untuk Dinamo Moskwa, satu-satunya klub yang pernah ia wakili, memenangkan lima kejuaraan liga dan tiga kejuaraan cup. Selain itu, Yashin memberi kontribusi luar biasa dari permainannya, dan mengilhami pengaturan standar sepak bola modern untuk kiper.

Selain terkenal sebagai atlet yang hebat di samping keberaniannya, ia merupakan salah satu kiper pertama yang memegang komando seluruh area penalti dan melakukannya dengan keyakinan tak tertandingi serta keandalan. Yashin juga tampil mengesankan pada garis gawang dengan refleks yang menakjubkan dan kelenturan yang membuatnya hampir sempurna. Yang paling menonjol, Yashin menghadapi sikap umum menangkap bola, menciptakan berbagai cara untuk menghalau bola dari meninju hingga menendangnya jauh dari kotak penalti saat diperlukan. Sebagai wujud penghargaan terhadap dedikasinya terhadap sepakbola maka namanya diabadikan oleh FIFA untuk nama sebuah penghargaan yakni Penghargaan Yashin. Oleh karena itu, penghargaan Yashin hanya ditujukan untuk penjaga gawang terbaik selama pertandingan piala dunia berlangsung.

salah satu aksi Lev Yashin dalam menghalau bola


Adapun beberapa penjaga gawang yang pernah mendapatkan penghargaan Yashin yaitu : Michel Preud'homme (Belgia) pada World Cup tahun 1994, Fabien Barthez (Perancis) pada World Cup tahun 1998, Oliver Kahn (Jerman) pada World Cup tahun 2002, Gianluigi Buffon (Italia) pada World Cup tahun 2006 dan Iker Cassilas pada Worl Cup 2010.

Комментариев нет:

Отправить комментарий

Примечание. Отправлять комментарии могут только участники этого блога.