Kompetisi Perserikatan

Kompetisi Sepakbola Perserikatan telah dimulai sejak tahun 1931, sebelum Indonesia merdeka, hingga tahun 1979. Kejuaraan Perserikatan masih bersifat amatir. Mulai tahun 1979 membuat komperisi sepakbola semiprofesional yang disebut Liga Sepakbola Utama, yang lebih dikenal dengan singkatan Galatama.

Cikal bakal kompetisi Perserikatan dimulai ketika pada tanggal 19 April 1930, PSM Yogyakarta (PSIM Yogyakarta) bersama dengan VIJ Jakarta (sekarang Persija Jakarta), BIVB Bandung (Persib Bandung), IVBM Magelang (PPSM Magelang), MVB Madiun (PSM Madiun), SIVB Surabaya (Persebaya Surabaya) dan VVB Solo (Persis Solo) turut membidani kelahiran PSSI dalam pertemuan yang diadakan di Societeit Hadiprojo Yogyakarta. Setelah melalui perbagai pertemuan akhirnya disepakati berdirinya organisasi induk yang diberi nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia (PSSI) pada tahun 1931 dan berkedudukan di Mataram. Sejak tahun itu pulalah kompetisi tahunan antar kota/perserikatan diselenggarakan. Sebelum ada perserikatan sebenarnya ada kompetisi di Indonesia yang di Mulai pada tahun 1914 yang di selengarakan oleh NIVB (Nederlandsch-Indische Voetbalbond)/ PSSI-nya Hindia-Belanda yaitu Kejuaraan Antar Kota Hindia Belanda.

 Persija dan PSMS sebagai juara bersama tahun 1975.
 Di partai final 1975, Persija bertemu dengan PSMS Medan dan pertandingan terpaksa harus dihentikan pada menit 40 karena terjadi clash antarpemain dan pembangkangan terhadap wasit sehingga PSSI menetapkan keduanya sebagai juara bersama.


1 комментарий:

  1. Анонимный22:35

    Salam kenal pecinta sepakbola Indonesia...
    http://voetbal-nusantara.blogspot.com/

    ОтветитьУдалить

Примечание. Отправлять комментарии могут только участники этого блога.